Haji & Umrah | -

Senin, 03 Februari 2014 - 14:48:23 WIB
FARDHU & SUNNAH WUDHU
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel Islami - Dibaca: 1736 kali

ALLAH SWT berfirman pada Q.S al Maidah:6,

 

Fardhu: adalah sesuatu yang tidak sah wudhunya apabila ditinggalkan

Sunnah: adalah sesuatu yang tetap sah wudhunya meskipun tidak dilaksanakan akan tetapi jika ditinggalkan maka ia tidak mendapatkan pahala dari ibadah sunnah tersebut.

Wudhu harus dilakukan dengan air yang suci dan mensucikan, seperti air hujan, air sumur, air laut, air sungai, dan lainnya.

TATA CARA WUDHU

    1.  Membaca basmalah . Ketika membasuh dua telapak tangan, yaitu mengucapkan بسم ﷲ . Membaca basmalah hukumnya sunnah.
    2. Membasuh telapak tangan tiga kali . Hukumnya adalah sunnah
    3. Berkumur . Yaitu memasukkan air kedalam mulut lalu memutarnya atau menggerakkannya kemudian dikeluarkan lagi. Hukumnya adalah sunnah juga, disunnahkan 3 kali.
    4. Istinsyaq dan istinsyar . 
  1. Membasuh Muka . Dilakukan secara merata baik panjang dan lebarnya. Membasuh muka adalah fardhu wudhu yang kedua. Disunnahkan membasuh muka 3 kali, boleh juga satu kali. Batasan panjang muka adalah dari tempat tumbuhnya rambut kepala sampai dagu, dan dari telinga ke telinga. Telinga tidak masuk ke dalam bagian dari muka dan tidak wajib membasuhnya. Yang wajib dibasuh adalah bagian antara dua telinga.
  2. Membasuh kedua tangan sampai siku . Dan ini adalah fardhu wudhu yang ketiga. Yang dimaksud dengan siku adalah tempat bertemunya tulang lengan bawah dan tulang lengan atas. Siku masuk pada bagian tangan yang wajib dibasuh.
  3. Mengusap sebagian kepala atau rambut kepala . Dan ini adalah fardhu wudhu yang keempat. Diisyaratkan megusap bagian yang masuk dalam batasan kepala, yaitu dari tempat tumbuhnya rambut sampai tengkuk atau lubang yang berada di belakang kepala.
  4. Mengusap kedua telinga . Dan ini adalah bagian dari sunnah wudhu.
  5. Membasuh kedua kaki hingga dua mata kaki . Ini adalah fardhu wudhu yang kelima. Disunnahkan membasuh 3 kali dan boleh juga satu kali. Dan disunnahkan membasuh kaki kanan terlebih dahulu. Mata kaki adalah tulang yang menonjol di pergelangan kaki, dan mata kaki masuk pada bagian kaki yang wajib dibasuh.



comments powered by Disqus

Agenda Umrah & Haji

Polling

Statistik User

Kurs BCA Hari Ini

Pencarian

Sekilas Info

Download

Advertising

 

Copyright © 2014 | Ibadahumrah.com | All rights reserved.